Informasi tentang teknologi open source

Thursday, December 25, 2014

Menjalankan Virtual Box di IGOS Nusantara X

No comments :
Virtual Box adalah sebuah aplikasi mesin virtual yang dapat memasang dan menjalankan sistem operasi lain dalam sistem operasi yang saat ini Anda gunakan.

Saya percaya bahwa pengguna linux terutama Fedora ataupun IGOS Nusantara tahu bahwa cara termudah untuk menginstal Virtual Box adalah dengan cara membuka Yum Extender lalu mencari paket virtualbox dan kemudian menginstalnya.

Pada IGOS Nusantara X edisi Mate Mini, cara tersebut belum cukup untuk menjalankan Virtual Box. Ketika saya telah membuat sebuah mesin virtual, masalah seperti pada gambar berikut ini muncul saat saya menjalankannya.

Gagal menjalankan sebuah sesi untuk mesin virtual
Namun tidak perlu khawatir karena sesaat setelah tampilan kesalahan tersebut muncul, muncul juga kotak dialog yang berisi solusi dari permasalahan tersebut. Tampilan tersebut seperti gambar berikut ini.

Solusi yang harus kita jalankan
Di sana dijelaskan bahwa kernel driver tidak terinstal. Intinya, kita harus menginstalnya dengan perintah "sudo /etc/init.d/vboxdrv setup" pada terminal. Namun, terlebih dahulu kita pastikan apaah paket DKMS telah terinstal. Untuk itu, buka Yum Extender dan cari paket DKMS. Jika belum terinstal, maka kita harus menginstalnya terlebih dahulu.

Setelah paket DKMS terinstal, buka terminal dan jalankan perintah di atas dan tunggu sampai proses selesai seperti pada gambar berikut.

eksekusi perintah sudo /etc/init.d/vboxdrv setup
Setelah semuanya selesai, kita jalankan ulang Virtual Box, lalu kita coba membuat dan menjalankan mesin virtual dan ternyata mesin virtual saya berhasil menjalankan ISO IGOS Nusantara X Mate Mini

Mesin virtual berhasil dijalankan
Semoga tutorial ini membantu bagi siapa saja yang mengalami permasalahan yang sama. Terimakasih.

No comments :

Post a Comment